Penduduk dan Mahasiswa di Tampa Bay Bersiap Hadapi Badai Idalia

  • Associated Press

Sejumlah warga tampak berjalan di atas lumpur di area Tampa Bay, Florida, menjelang datangnya badai Ian ke wilayah tersebut pada 28 September 2022. (Foto: AFP/Bryan R. Smith)

Badai tropis Idalia semakin membesar dan diduga akan menjadi badai besar ketika mencapai wilayah teluk pesisir Florida pada minggu ini, demikian kata Pusat Badai Nasional pada Senin (28/8), ketika pejabatnya mengumumkan keadaan darurat di sejumlah county (wilayah setingkat kabupaten) dan memerintahkan evakuasi sebagai persiapan menghadapi potensi gelombang badai yang berbahaya.

Gubernur Florida Ron DeSantis memperingatkan “dampak besar” bagi Florida, dan mencatat bahwa apa yang tadinya diramalkan sebagai badai tropis biasa kini diramalkan akan menjadi badai kategori 3.

Your browser doesn’t support HTML5

Toko Tutup dan Batal Lari, Pengalaman Diaspora Indonesia Menghadapi Badai Hilary di California

Idalia akan menjadi badai pertama yang menyerang Florida dalam musim badai kali ini dan sebuah pukulan besar bagi Florida, yang masih belum pulih sepenuhnya dari kehancuran badai Ian hampir satu tahun yang lalu.

DeSantis mengumumkan keadaan darurat di 46 county, daerah luas di Florida utara mulai Gulf Coast sampai ke Samudra Atlantik.

Florida telah memobilisasi 1.100 pasukan Garda Nasional, yang mengoperasikan 2.400 kendaraan yang mampu bergerak di air tinggi dan 12 pesawat untuk tugas-tugas SAR. [jm/ka]