Pendukung Bolsonaro Serbu Kongres Brazil

  • Associated Press

Sejumlah pendukung mantan Presiden Brazil Jair Bolsonaro terlibat bentrokan dengan polisi di luar area Istana Planalto di Brasilia, Brazil, pada 8 Januari 2023. (Foto: AP/Eraldo Peres)

Para pendukung mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyerbu Gedung Kongres di ibu kota Brasilia pada hari Minggu (8/1). Para pendukung Bolsonaro tersebut tampak memanjat atap gedung dan memecahkan kaca jendelanya.

Sementara itu, para demonstran lain berkumpul di luar istana kepresidenan dan Mahkamah Agung, meskipun belum dapat dipastikan apakah mereka berhasil masuk ke dalam gedung-gedung itu.

BACA JUGA: Lula da Silva Dilantik menjadi Presiden Brazil untuk Ketiga Kalinya

Insiden tersebut, yang mengingatkan banyak orang akan serangan di Gedung Capitol AS pada 6 Januari 2021, terjadi hanya seminggu setelah Presiden Luiz Inácio Lula da Silva yang berhaluan kiri dilantik pada 1 Januari.

Para pendukung Bolsonaro telah memprotes kemenangan pemilu Lula sejak 30 Oktober. Mereka memblokir jalan, membakar kendaraan dan berkumpul di luar gedung-gedung militer, meminta pasukan bersenjata untuk campur tangan. [vm/jm]