Penembakan di Taman Air Michigan Akibatkan 9 Orang Cedera

Bunga-bunga di The Rock di Universitas Negara Bagian Michigan, Selasa, 14 Februari 2023, di East Lansing, Michigan untuk mengenang korban penembakan. (Foto: AP)

Seorang penembak melepaskan tembakan di taman air di negara bagian Michigan, AS pada Sabtu (15/6) waktu setempat. Kejadian itu menyebabkan setidaknya sembilan orang terluka, termasuk seorang anak-anak, menurut pernyataan polisi.

Kantor sheriff setempat menyatakan bahwa tersangka kemungkinan ditahan di sekitar lokasi penembakan di Rochester Hills, sebuah pinggiran kota di Detroit.

"Tampaknya individu tersebut berhenti, keluar dari kendaraan, mendekati tempat percikan air, melepaskan tembakan. Mengisi ulang, melepaskan tembakan. Mengisi ulang. Kiri. Jadi kejadian ini tampak sangat acak pada saat ini," kata Sheriff Michael Bouchard dari Oakland County kepada wartawan. Ia meyakini pelaku penembakan "tidak memiliki hubungan dengan para korban".

Dia mengatakan informasi awal menunjukkan terdapat sembilan hingga 10 korban dari berbagai usia, termasuk seorang anak berusia delapan tahun. Beberapa rumah sakit sudah menerima pasien, ujarnya.

BACA JUGA: 11 Orang Luka-luka dalam Penembakan Massal pada Akhir Pekan di Savannah, Georgia

Sebuah pistol Glock dan magasin kosong ditemukan di tempat kejadian.

Menurut Bouchard, "kami yakin ada seseorang yang menjadi tersangka di dekat kami."

Dia mengatakan tim SWAT dan kendaraan lapis baja telah dikerahkan.

Gubernur Michigan Gretchen Whitmer mengatakan dia "patah hati" mengetahui penembakan itu.

“Kami terus memantau situasi seiring dengan perkembangan terkini, dan terus menghubungi pejabat setempat,” katanya di platform media sosial X.

Kekerasan bersenjata di AS adalah hal yang biasa terjadi, dan ribuan orang AS terbunuh setiap tahunnya dalam penembakan. Upaya reformasi luas terhadap undang-undang senjata di negara ini terhambat selama beberapa dekade. [ah/ft]