Pengacara Utama Trump untuk Kasus Rusia Mengundurkan Diri

Pengacara John Dowd keluar dari Gedung Pengadilan Federal Manhattan di New York, 11 Mei 2011

Pengacara utama Presiden AS Donald Trump dalam penyelidikan penasehat khusus mengenai campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden, mengundurkan diri, Kamis (22/3).

Pengunduran diri John Dowd mengguncang tim hukum pada saat presiden meningkatkan serangan terhadap penyelidikan yang dikatakannya tidak lebih dari upaya mencari-cari kesalahan.

Wartawan Associated Press di Departemen Kehakiman, Eric Tucker, mengatakan pengunduran diri itu kemungkinan berkaitan dengan bentrokan antara John Dowd dan Trump terkait penyelidikan Mueller.

"Trump mengatakan saya sangat ingin berbicara di bawah sumpah kepada Mueller, tetapi Dowd jauh lebih hati-hati dan khawatir," kata Tucker, "Jadi jelas ada pertentangan antara pengacara dan klien."

Pengunduran diri Dowd berarti hilangnya perunding dan ahli strategi hukum utama yang telah membentuk pertahanan hukum Trump. Pengunduran diri Dowd terjadi beberapa hari setelah tim hukum Trump menambah pengacara baru, mantan jaksa AS Joseph di Genova. Dia menuduh pejabat FBI terlibat dalam "komplotan terang-terangan" untuk membebaskan Hillary Clinton dalam penyelidikan email dan "menjebak" Trump untuk kejahatan yang sebenarnya tidak ada. [my/ds]