Penyelidik Perancis Gerebek Kediaman Pengawal Macron

Alexandre Benalla, pengawal keamanan utama Presiden Perancis Emmanuel Macron, berjalan seusai bentrok dengan demonstran pada hari Buruh di Paris, Perancis, 1 Mei 2018. (Courtesy of SONIA/via REUTERS/Socmed-videograb)

Kantor jaksa Paris menyatakan para penyelidik telah menggerebek rumah salah seorang pengawal keamanan utama Presiden Perancis Emmanuel Macron, yang terekam di kamera sedang memukuli seorang demonstran pada Mei lalu.

Istana presiden Perancis Elysee memecat Alexandre Benalla, sehari sebelum polisi menggerebek rumahnya Sabtu pagi (21/7) di pinggiran kota Paris, di Issy-Les-Moulineaux.

Alexandre Benalla, saat rally hari Buruh di Paris, 1 Mei 2018. (Foto: dok).

Benalla awal pekan ini diidentifikasi oleh harian Le Monde sebagai orang yang mengenakan helm polisi dan memukuli seorang demonstran muda dalam protes Hari Buruh Internasional. Ia dan seorang lelaki lainnya menghadapi kemungkinan dikenai dakwaan dan berada dalam tahanan polisi hingga Minggu.

Keterlibatan Benalla dalam kasus pemukulan tersebut menimbulkan krisis politik terbesar Macron sejak ia menjabat presiden tahun lalu.

Menteri Dalam Negeri Perancis Gerard Collomb akan menghadapi pertanyaan dari parlemen pekan depan untuk mengetahui apakah ada kegagalan dalam cara pemerintah menangani masalah tersebut. [uh]