Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida Tiba di Arab Saudi untuk Sepakati Sejumlah Kerja Sama

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman berjalan beriringan ketika Kishida berkunjung ke Jeddah pada 16 Juli 2023. (Foto: Saudi Press Agency/Handout via Reuters)

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida tiba di Jeddah pada Minggu (16/7) dalam kunjungan resmi ke Arab Saudi.

Kishida bersama menteri investasi Saudi Khalid al-Falih, menghadiri pertemuan yang dihelat oleh Kementerian Investasi.

Perdana Menteri Jepang itu juga akan bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk meningkatkan kerja sama dalam sejumlah sektor seperti energi, bisnis, pariwisata, dan sektor-sektor lain, demikian ungkap Kementerian Luar Negeri Jepang.

Kishida juga akan berkunjung ke Uni Emirat Arab dan Qatar dalam kunjungannya ke negara-negara Teluk selama tiga hari tersebut.

BACA JUGA: Menteri Prancis: Saudi Harus 'Tinjau' Target Emisi

Jepang dan Arab Saudi diperkirakan akan menyepakati investasi bersama untuk mengembangkan sumer material tanah jarang dalam kunjungan Kishida itu, lapor surat kabar Nikkei.

Material tanah jarang merupakan komponen penting dalam proses dekarbonisasi dan terutama dalam produksi kendaraan listrik di saat Jepang berupaya menjadi negara yang netral dari karbon pada 2050. Di saat yang bersamaan, Arab Saudi juga tengah berusaha untuk mendiversifikasi pendapatan ekonominya yang cenderung bergantung pada hasil minyak.

Menurut laporan Nikkei pada Sabtu (15/7), Jepang juga akan membantu mempercepat proses pengembangan eksplorasi material seperti tembaga, besi, dan seng di Arab Saudi. [jm/ka/rs]