Perdana Menteri Vietnam Imbau Pembersihan Bahan Peledak

Beberapa tentara Vietnam membersihkan sisa-sisa bahan peledak dari era perang Vietnam di provinsi Quang Tri (foto: dok).

Vietnam berusaha memperoleh setengah milyar dolar untuk usahanya membersihkan bahan peledak peninggalan perang.

Perdana Menteri Vietnam mengatakan lebih dari 42 ribu orang telah tewas dan lebih dari 62 ribu orang luka-luka oleh bom-bom, ranjau, dan bahan peledak lain yang ditinggalkan sejak Perang Vietnam berakhir tahun 1975.

Nguyen Tan Dung hari Senin mengemukakan data yang mengerikan dari akibat peninggalan perang dalam konferensi donor penanggulangan ranjau internasional di Hanoi.

Vietnam berusaha memperoleh setengah milyar dolar untuk usahanya membersihkan bahan peledak peninggalan perang.

Amerika Serikat menggunakan 16 juta ton bom dan amunisi dalam perang itu ketika bersekutu dengan mantan pemerintah Korea Selatan, yang dikalahkan oleh tentara komunis Vietnam utara dan menyatukan kembali negara itu.

Dutabesar Amerika David Shear mengatakan dalam pertemuan itu, Washington telah menyediakan 62 juta dolar untuk membantu Vietnam menghadapi peninggalan perang yang memedihkan itu.

Para pejabat Vietnam mengatakan akan memakan waktu puluhan tahun untuk membersihkan ratusan ribu hektar, kira-kira seperlima negara itu, dari sisa-sisa bahan peledak.