Permohonan Tunjangan Pengangguran di AS Menurun

Para pelamar kerja memadati sebuah bursa kerja di Ohio (foto: dok). Lapangan kerja AS mengalami perbaikan lebih cepat dari perkiraan, seiring turunnya permohonan tunjangan pengangguran.

Permohonan rata-rata tunjangan pengangguran di Amerika selama 4 pekan di bawah 347 ribu, tingkat terendah sejak bulan Maret 2008.
Klaim tunjangan pengangguran di Amerika menurun pekan lalu, sebuah isyarat bahwa pasar tenaga kerja sedang membaik.

Departemen Tenaga Kerja Amerika mengatakan, Kamis, bahwa 332 ribu penganggur mengajukan permohonan tunjangan yang pertama pekan lalu, menurun 10 ribu dari pekan sebelumnya. Angka itu membuat permohonan rata-rata selama empat pekan menjadi di bawah 347 ribu – tingkat terendah sejak Maret 2008, tahap awal perlambatan ekonomi terburuk sejak 1930-an.

Para ekonom mengatakan permohonan tunjangan yang menurun itu mencerminkan bahwa lebih sedikit pekerja mengalami pemutusan hubungan kerja, yakni turun 13 persen sejak November.

Amerika pekan lalu melaporkan bahwa tingkat pengangguran pada bulan Februari menurun menjadi 7,7 persen, masih tergolong tinggi berdasarkan standar yang tercatat dalam sejarah negara, namun berada pada tingkat terendah dalam empat tahun terakhir. Selain itu, ukuran pasar tenaga kerja meningkat tajam dengan adanya 236 ribu pekerjaan baru pada bulan lalu.