Persiapan Festival Mardi Gras di New Orleans, AS, Berlangsung Setahun

  • Selah Hennessy

Festival Mardi Gras di New Orleans hanya berlangsung beberapa hari, tetapi persiapannya memakan waktu setahun.

Festival Mardi Gras di New Orleans hanya berlangsung beberapa hari, tetapi persiapannya memakan waktu kira-kira satu tahun.

New Orleans menjadi sangat ramai setiap tahun karena penyelenggaraan karnaval Mardi Gras. Pada hari terakhir sebelum awal peringatan paskah, parade besar yang warna warni memenuhi jalan-jalan kota itu. Kelompok yang disebut “krewes” bertugas merencanakan dan membiayai kendaraan hias, tetapi yang bekerja mewujudkannya adalah para seniman.

Festival Mardi Gras di New Orleans hanya berlangsung beberapa hari, tetapi persiapannya memakan waktu kira-kira satu tahun.

Para seniman bekerja keras untuk mempersiapkan parade Mardi Gras tanggal 21 February tahun depan. Mardi Gras artinya “Selasa Gemuk” dalam bahasa Perancis, menandai hari terakhir pesta pora sebelum masa puasa menjelang Paskah, periode 40 hari sebelum umat Kristen merayakan Paskah.

Sambil membuat hiasan bunga untuk parade tersebut, Sean Lanny mengatakan, “Kita mulai membuat bunga pada bulan September. Tetapi, proses secara keseluruhan dimulai lebih awal. Diawali dengan proses mencari ide-ide baru, lalu mereka harus menggambarnya dan seterusnya. Direktur seni dan senimannya membahas dan memutuskan apa yang akan menjadi tema tahun ini dan bagaimana urut-urutan kendaraan hiasnya.”

Para artis pada Mardi Gras World membuat ratusan kendaraan hias untuk parade itu. Mereka membentuk alat peraga dari styrofoam atau fiberglass dan membubuhkan bubur kertas. Lalu para pelukis memberi sentuhan warna akhir. Mardi Gras World berfungsi sebagai bengkel dan museum, di mana para turis bisa melihat prosesnya.

Mardi Gras World merupakan bisnis keluarga yang dirintis oleh Blaine Kern tahun 1947. Cucunya, Brian, mengatakan bahwa banyak yang telah berubah sejak saat itu. Ia mengatakan rangkaian kendaraan di parade Mardi Gras di New Orleans awalnya hanya mengangkut 12 orang, tetapi sekarang kendaraan hias ini terdiri dari beberapa bagian yang bisa menampung 250 orang.

Rangkaian kendaraan hias itu sangat penting bagi festival Mardi Gras yang telah dilangsungkan di New Orleans selama 150 tahun. Turis dan warga lokal memenuhi penjuru kota itu untuk menyaksikan festival tahunan itu. Kern mengatakan rangkaian kendaraan itu telah membuat Mardi Gras menjadi daya tarik turis yang paling utama. Itulah sebabnya para seniman terus bekerja, sehingga rangkaian kendaraan hias itu siap diluncurkan dalam parade tersebut.