Perundingan Dagang AS-China Berakhir Tanpa Kesepakatan

Wakil PM China PM Liu He (kiri) yang memimpin delegasi China dalam perundingan dagang dengan para pejabat AS saat meninggalkan Washington DC tanpa kesepakatan, Jumat (10/5).

Amerika dan China tampaknya mengakhiri putaran perundingan terakhir mereka tanpa mengumumkan sebuah persetujuan.

Hari Jumat (10/5), Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Utusan Perdagangan Amerika Robert Lighthizer bertemu sebentar dengan delegasi yang dipimpin Wakil Perdana Menteri Liu He. Sebelum pembicaraan, Mnuchin berbicara sebentar dengan reporter dan katanya diskusi yang berlangsung bersifat konstruktif.

Tidak ada komentar lebih jauh dari pemerintah Amerika, dan delegasi China dijadwalkan kembali ke Beijng pada Jumat sore.

Setelah pembicaraan berakhir, Presiden Trump mengirim cuitan bahwa hubungan dengan Presiden Xi Jinping tetap erat dan pembicaraan akan dilanjutkan, tetapi pemberlakuan tarif terhadap China oleh Amerika bisa dibatalkan atau bisa juga tidak dibatalkan.

Sebelumnya, Trump mengirim serangkaian cuitan tentang perang dagang yang semakin meningkat dengan China, sementara Amerika menaikkan tarif dari 10 menjadi 25 persen terhadap impor China bernilai $ 200 milyar. Beijing berjanji akan melakukan tindakan balasan. (jm)