Serangan Udara Israel Tewaskan Komandan Hamas

Serangan udara Israel dilakukan Jumat malam, beberapa jam setelah roket yang ditembakkan dari Gaza mengenai kota di Israel selatan.

Kelompok militan Hamas mengatakan, serangan udara Israel menewaskan salah seorang komandan mereka di Jalur Gaza.

Para saksi mata dan petugas medis mengatakan paling sedikit delapan orang lain luka-luka Jumat malam dan Sabtu pagi ketika pesawat-pesawat tempur Israel melakukan serangkaian serangan balasan di Gaza. Beberapa bangunan dan sebuah terowongan yang dicurigai digunakan untuk menyelundupkan senjata terkena hantaman serangan.

Sebelumnya hari Jumat, sebuah roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza mengenai kota Ashkelon. Roket itu memecahkan jendela apartemen dan merusak mobil-mobil, tetapi tidak dilaporkan adanya warga yang cedera akibat serangan roket itu.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan roket itu, tetapi pejabat Israel mengatakan mereka menganggap kelompok militan Hamas yang bertanggung jawab.

Israel mengumumkan hari Jumat negara itu mengajukan keluhan mengenai serangan di Ashkelon dan insiden tembakan mortir pekan lalu kepada Dewan Keamanan dan Dewan HAM PBB.

Juga hari Jumat, Sekjen PBB dan Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak mengadakan pertemuan di New York untuk membicarakan berbagai macam masalah, termasuk keadaan di Gaza dan pelonggaran lebih jauh blokade Israel terhadap wilayah Palestina itu.