Pesawat Transpor Militer Rusia Jatuh di Belgorod

Api kebakaran terlihat dari lokasi jatuhnya pesawat perang di daerah perumahan dekat Yablonovo, wilayah Belgorod, Rabu, 23 Juni 2024. (Video UGC yang divalidasi via AP)

Sebuah pesawat transport militer Rusia jatuh di wilayah Belgorod, di dekat perbatasan dengan Ukraina, Rabu (24/1).
Media pemerintah Rusia melaporkan bahwa kementerian pertahanan mengatakan pesawat itu membawa 65 orang Ukraina yang menjadi tawanan perang, yang diangkut ke perbatasan untuk pertukaran tawanan. Belum ada pernyataan langsung dari militer Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pesawat itu juga membawa enam awak dan tiga penjaga.

Rusia juga melaporkan telah menghancurkan sebuah drone Ukraina di atas wilayah Belgorod sebelumnya pada hari Rabu, selain mencegat empat drone di wilayah Oryol, di bagian barat Rusia.

Pasukan Rusia melancarkan serangan rudal besar-besaran pada hari Selasa terhadap Ukraina. Menurut presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, serangan tersebut menewaskan sedikitnya 18 orang.

Polisi lalu lintas berjaga di jalan dekat lokasi jatuhnya pesawat angkut militer Ilyushin Il-76 Rusia di luar desa Yablonovo, wilayah Belgorod, Rusia, 24 Januari 2024. (REUTERS/Stringer)

Daerah-daerah yang paling parah terkena dampaknya adalah ibu kota, Kyiv, dan Kharkiv, kota di bagian timur laut Ukraina.

Zelenskyy mengatakan dalam pidato hariannya Selasa malam bahwa lebih dari 130 orang cedera, dan serangan Rusia itu merusak 139 rumah.

Ia mengatakan serangan Rusi menggunakan 40 rudal, seraya menyebutnya sebagai “serangan gabungan lainnya yang berupaya menerobos sistem pertahanan udara kita.”
Angkatan Udara Ukraina mengatakan menembak jatuh sekitar setengah dari rudal-rudal tersebut. [uh/ab]