PM India: Pembicaraan dengan Pemimpin China Hasilkan Kemajuan

Perdana Menteri India Narendra Modi (kiri) dan Presiden China Xi Jinping melambaikan tangan kepada wartawan sebelum mengadakan pembicaraan di Xian, provinsi Shaanxi, China (14/5). (Reuters/Kim Kyung-Hoon)

Kedua pihak sepakat menciptakan badan tingkat tinggi yang khusus menangani hubungan ekonomi yang meluas dalam bidang-bidang termasuk infrastruktur, teknologi informasi, farmasi, pertanian dan pabrik.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan pembicaraan dua hari dengan para pemimpin tertinggi China telah menghasilkan kemajuan dalam masalah-masalah sulit yang berkisar dari defisit perdagangan yang melebar hingga sengketa perbatasan yang sudah lama berlangsung.

Modi mengatakan dalam pernyataan tertulis bahwa China telah menerima keprihatinan India mengenai defisit perdagangan yang meningkat dengan China, yang mencapai US$48 milyar tahun lalu. Modi juga mengadakan pembicaraan panjang dengan Presiden Xi Jinping hari Kamis (14/5).

Ia mengatakan kedua pihak sepakat menciptakan badan tingkat tinggi yang khusus menangani hubungan ekonomi yang meluas dalam bidang-bidang termasuk infrastruktur, teknologi informasi, farmasi, pertanian dan pabrik.

Modi mengatakan mereka juga sepakat untuk meningkatkan langkah pembinaan rasa saling-percaya di perbatasan Himalaya yang disengketakan yang pernah menimbulkan perang berdarah antara kedua negara selama sebulan tahun 1962.