Pangkalan AS Tak akan Pindah dari Pulau Okinawa

PM Yukio Hatoyama mengatakan pangkalan Funtenma akan tetap berada di pulau Okinawa, hanya dipindah ke area yang lebih terpencil.

Perdana Menteri Jepang Yukio Hatoyama menyampaikan permintaan maafnya kepada warga Okinawa, karena tidak memenuhi janji kampanyenya untuk memindahkan pangkalan militer Amerika dari pulau tersebut.

Dalam pertemuan dengan Gubernur Okinawa Hirokazu Nakaima yang disiarkan televisi, Hatoyama mengatakan Pangkalan Udara Marinir Futenma akan tetap berada di pulau tersebut, namun akan dipindahkan ke area yang lebih terpencil di pantai. Gubernur Nakaima menyesalkan keputusan PM Hatoyama tersebut.

Mengutip sejumlah sumber pemerintah, media Jepang pada hari Sabtu mengatakan pangkalan Amerika itu akan dipindah dari Ginowan ke kota Nago di bagian utara pulau Okinawa. Kedua negara juga setuju mempertimbangkan untuk memindahkan beberapa fungsi pangkalan itu ke fasilitas-fasilitas lain di luar Okinawa.

Sumber-sumber pemerintah Jepang mengatakan kedua pihak akan menunggu beberapa bulan sebelum menyetujui beberapa rincian tambahan.