PM Kanada dan Presiden Korsel Sepakat Tingkatkan Kerja Sama di Bidang Mineral Penting

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berjabat tangan dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol setelah konferensi pers bersama setelah pertemuan mereka di Kantor Kepresidenan di Seoul, Korea Selatan, 17 Mei 2023. (Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji)

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan PM Kanada Justin Trudeau pada Rabu (17/5) sepakat untuk meningkatkan kerja sama mengenai mineral penting dan isu-isu keamanan ekonomi lainnya.

Dalam pernyataan bersama yang dilansir setelah pertemuan puncak mereka di Seoul, kedua pemimpin ”mengutuk keras” perkembangan rudal dan nuklir Korea Utara, dan sepakat melanjutkan upaya-upaya bersama untuk tatanan berbasis aturan di kawasan tersebut.

Kedua negara sedang menjajaki berbagai cara untuk memperluas hubungan keamanan termasuk berbagi intelijen, sambil menavigasi persaingan antara AS dan China.

Kedua negara memperingati 60 tahun hubungan bilateral tahun ini. Hari Selasa, deputi penasihat keamanan nasional Yoon, Kim Tae-hyo mengatakan kedua pihak dijadwalkan mengeluarkan pernyataan bersama yang memetakan kemitraan mereka untuk 60 tahun mendatang. Sebelumnya pada hari Rabu, pemimpin Kanada itu mengatakan kepada parlemen Korea Selatan bahwa negaranya siap bermitra dengan Korea Selatan dalam berbagai proyek energi bersih dan mineral penting, dan untuk menangkis ancaman rudal dan nuklir Korea Utara.

Trudeau tiba di Seoul pada hari Selasa. Ini adalah kunjungan pertama seorang pemimpin Kanada dalam sembilan tahun ke Korea Selatan. [uh/lt]