Polisi Ekuador: Dua Pelaku Penyerangan Stasiun TV Ditangkap di Spanyol

Potongan gambar dari sebuah video yang menunjukkan pelaku serangan terhadap stasiun televisi TC berdiri menyandera dua jurnalis dalam aksi penyerbuan di Guayaquil, Ekuador, pada 9 Januari 2024. (Foto: TC Television network via AP)

Kepolisian Ekuador pada hari Rabu (23/10) mengatakan dua orang terduga pimpinan kriminal yang terlibat dalam penyerbuan terhadap sebuah stasiun televisi pada awal tahun 2024 telah ditangkap dalam sebuah operasi di Spanyol. Mereka selama ini tinggal di negara Eropa tersebut dengan menggunakan dokumen palsu.

Jenderal Fausto Buenano, Wakil Kepala Polisi Ekuador, mengatakan bahwa “Komandan Willy” yang diduga sebagai pemimpin Los Tiguerones, dan saudaranya Alex, yang diduga sebagai orang kedua dalam kelompok kriminal tersebut, telah ditangkap dalam sebuah operasi gabungan dengan Garda Sipil Spanyol.

Garda Sipil Spanyol adalah pasukan penegak hukum berpola militer yang merupakan bagian dari Korps Pertahanan dan Keamanan Negara Spanyol.

BACA JUGA: Pemimpin Adat di Ekuador Maju Sebagai Calon Presiden 

Otoritas Ekuador tidak mencantumkan nama keluarga ketika menyebut nama tersangka dalam kasus kriminal yang masih berproses, tetapi media setempat mengidentifikasi mereka sebagai William dan Alex Alcivar.

Polisi mengatakan kedua orang tersebut diduga menanam bom mobil, melakukan pembunuhan bayaran, pemerasan, dan serangan saat siaran langsung yang terkenal di studio televisi TC Guayaquill, Ekuador, pada bulan Januari tahun ini.

Polisi menambahkan, dua bersaudara itu juga diduga melakukan pembunuhan terhadap seorang jaksa penuntut Ekuador yang sedang menyelidiki kejahatan mereka.

Garda Sipil Spanyol menjelaskan bahwa penangkapan itu terjadi di Segur de Calafell, sebuah kota kecil di Catalonia yang berjarak sekitar 60 km sisi barat Barcelona. [th/ab]