Polisi Federal Brazil Tangkap Tersangka Otak Pembunuhan Anggota Dewan

Marielle Franco, seorang perempuan anggota Dewan Kota Rio de Janeiro, yang dibunuh pada tahun 2018 (foto: dok).

Polisi federal Brazil hari Minggu (24/3) menangkap seorang laki-laki yang diduga memerintahkan pembunuhan Marielle Franco, seorang perempuan anggota Dewan Kota Rio de Janeiro, pada tahun 2018.

Dua sumber polisi federal yang mengetahui penyelidikan itu mengatakan kepada Associated Press bahwa Chiquinho Brazão dan saudaranya Domingos Brazão, yang merupakan anggota pengawas rekening negara bagian Rio de Janeiro, telah ditahan.

Keduanya memiliki hubungan dengan kelompok-kelompok kriminal, yang dikenal sebagai milisi, yang secara ilegal memungut bayaran dari warga untuk berbagai layanan, termasuk perlindungan.

Sumber-sumber itu juga mengatakan Kepala Kepolisian Rio de Janeiro saat pembunuhan terjadi, Rivaldo Barbosa, juga ditahan karena diduga menghalangi penyelidikan.

Marielle Franco, anggota dewan kota itu, bekerja sebagai asisten anggota parlemen negara bagian Marcelo Freixo pada tahun 2008, saat ia memimpin komite khusus yang menyelidiki keberadaan kelompok milisi di majelis negara bagian Rio de Janeiro. Laporan akhir Marcelo Freixo mendakwa 226 tersangka anggota milisi dan politisi serta pegawai pemerintah, termasuk Domingos Brazão.

Pembunuhan brutal anggota dewan kota berusia 38 tahun yang berkulit hitam dan biseksual itu mengguncang Brazil dan bergema ke seluruh dunia. [em/ka]