Polisi: Penembak India Tewaskan Perempuan di Perbatasan Kashmir

Petugas keamanan menanyai pengendara motor di Jammu, India, 5 Agustus 2019. (Foto: dok).

Seorang pejabat kepolisian Pakistan mengatakan tembakan sniper oleh India membunuh seorang perempuan di luar rumahnya di desa perbatasan Abbaspur, Kashmir yang dikuasai Pakistan.

Kepala polisi Zulqarnain Chaudhry mengatakan perempuan itu tewas pada hari Minggu (6/10) dan bahwa tembakan tersebut berasal dari sektor India, melintasi perbatasan di wilayah Himalaya yang disengketakan itu.

BACA JUGA: Pakistan Peringatkan Kemungkinan Perang dengan India Terkait Kashmir

Meskipun Pakistan dan India sering terlibat aksi baku tembak di Kashmir, insiden terakhir itu terjadi ketika dua senator Amerika, Chris Van Hollen dan Maggie Hassan, bersama dengan Duta Besar Paul Jones, yang bertanggung jawab atas urusan di Kedutaan Besar Amerika di Islamabad, mengunjungi Muzaffarabad, ibukota Kashmir yang dikuasai oleh Pakistan.

Ketegangan di Kashmir, yang terbagi antara Pakistan dan India tetapi keseluruhan wilayah diklaim oleh kedua negara itu, telah meningkat sejak 5 Agustus, ketika India menurunkan tingkat otonomi Kashmir yang dikuasai oleh India dan memberlakukan pembatasan keluar rumah bagi penduduk. [lt/uh]