Polisi Spanyol Sita Ganja Senilai $64 Juta

Paket ganja dan kokain saat dibongkar di Port Everglades, di Fort Lauderdale, Florida pada 22 November 2021, sebagai ilustrasi. (Foto: AFP)

Polisi Spanyol mengatakan pada Sabtu (5/11) bahwa mereka telah menyita 32 ton ganja senilai sekitar $63,74 juta atau hampir setara dengan Rp1 triliun. Aparat mengklaim bahwa penyitaan ganja tersebut adalah jumlah terbesar yang pernah ditemukan di Spanyol, atau bahkan di dunia.

Polisi menggerebek sejumlah peternakan dan pabrik produksi di seluruh Spanyol dalam operasi yang disebut Gardens. Mereka menangkap sembilan pria dan 11 perempuan, yang berusia antara 20 dan 59 tahun.

"Garda Sipil telah menyita kemasan ganja terbesar yang ditemukan sejauh ini," kata Garda Sipil Spanyol dalam sebuah pernyataan.

"(Paket) itu setara dengan sekitar 1,1 juta tanaman,” katanya.

BACA JUGA: Polisi Yunani Sita Hampir 1,2 Ton Kokain

Polisi mengatakan geng itu mengeringkan tanaman ganja, mengemasnya dan mengirimnya ke beberapa bagian Spanyol, Swiss, Belanda, Jerman, dan Belgia.

Geng itu ditahan di Toledo, Ciudad Real, Valencia dan Asturias bulan lalu, tetapi rincian operasi baru diumumkan pada hari Sabtu.

Pada bulan Juni, Badan Pajak Spanyol mengatakan, mengacu pada operasi narkoba yang berbeda, bahwa ganja bernilai "antara 2.300 euro ($2.290) dan 2.500 euro ($2.490) per kilogram." [ah]