Polisi Tangkap Seorang Pria yang Tabrakkan Mobil ke Gerbang Kantor PM Inggris

Polisi melakukan penyelidikan di TKP, setelah sebuah mobil menabrak gerbang depan Downing Street di London, Kamis 25 Mei 2023.

Sebuah mobil pada hari Kamis (25/5) menabrak gerbang depan Downing Street, kantor sekaligus kediaman Perdana Menteri Rishi Sunak, kata kepolisian London. Polisi mengatakan satu orang telah ditangkap atas dugaan mengemudi secara berbahaya.

Tayangan televisi BBC menunjukkan mobil itu melintasi jalan menuju Downing Street dan mendekati gerbang itu pada kecepatan rendah. Gerbang utama itu tampak tidak rusak.

Seorang saksi mata yang tidak memberikan identitasnya mengatakan bahwa pengemudi mobil itu adalah seorang pria kulit putih berusia 50-an tahun.

Seorang saksi mata lain, Simon Parry, 44, yang sedang berunjuk rasa di seberang Downing Street dan menyaksikan insiden itu, mengatakan ia mendengar sebuah ledakan kencang disusul orang-orang yang berhampuran karena panik.

BACA JUGA: Jokowi Ajak Kanada, Inggris Berinvestasi di IKN

Polisi memasang penghalang kecil untuk memblokade lalu lintas di sepanjang Whitehall, jalan utama yang melintasi Downing Street, di mana sejumlah kantor departemen pemerintahan juga berada.

Kurang dari satu jam sejak insiden itu, polisi memeriksa mobil tersebut sementara pegawai kantoran berlalu lalang tidak jauh dari situ.

Saat ini tingkat ancaman terorisme di Inggris adalah “substansial,” yang artinya terdapat kemungkinan terjadinya suatu serangan. [rd/lt]