Polisi Tembakkan Gas Air Mata ke Demonstran di Sudan

Para demonstran melarikan diri untuk menghindari tembakan gas air mata saat menggelar unjuk rasa anti-pemerintah di Khartoum, Sudan, 25 Desember 2018.

Polisi anti-huru hara Sudan, Selasa (25/12), melepas tembakan ke udara dan menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa demonstran yang mencoba berdemo di istana presiden, menuntut Presiden Omar al-Bashir mengundurkan diri.

Meskipun laporan resmi mengatakan tidak ada korban, saksi mata mengatakan setidaknya tiga orang tertembak, termasuk satu orang yang dilaporkan terlihat dengan luka besar di kepala.

Amnesty International, Selasa, mengaku memiliki "laporan yang kredibel" bahwa pasukan keamanan menewaskan 37 demonstran dalam sepekan terakhir. Kelompok HAM itu juga menuduh pemerintah "menggunakan senjata mematikan tanpa pandang bulu terhadap demonstran yang tidak bersenjata."

Protes selama seminggu ini di seluruh Sudan dipicu kekurangan pangan dan bahan bakar dan kenaikan tajam harga roti – makanan pokok bagi orang Sudan.

Bashir berjanji mereformasi ekonomi "guna memastikan rakyat hidup layak," dan menyebut demonstran "pengkhianat" dan "tentara bayaran."

Bashir telah memerintah Sudan sejak merebut kekuasaan dalam kudeta tahun 1989 dan tidak menoleransi pembangkangan. Ia diinginkan Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag atas tuduhan melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida atas reaksi brutalnya terhadap pemberontakan di Darfur 15 tahun lalu.[ka]