'Power of the Dog', 'West Side Story' Berjaya di Golden Globes

  • Associated Press

HFPA Grantee dan Presiden Universitas Kota Los Angeles Dr. Mary Gallagher mengumumkan pemenang Golden Globe ke-79 untuk katagori Film Terbaik, di atas panggung Beverly Hills, California, 9 Januari 2022. (Emma McIntyre / HFPA / AFP)

The Power of the Dog dan West Side Story pada hari Minggu, (9/1), memenangkan hadiah film tertinggi di ajang Golden Globes. Acara itu sendiri tidak disiarkan langsung oleh televisi dan tidak melibatkan aktor dan aktris papan atas Hollywood yang biasanya bertugas mengumumkan.

Film drama psikologi karya Jane Campion The Power of the Dog menjadi film kedua yang disutradarai oleh seorang perempuan yang memenangkan hadiah untuk kategori drama terbaik. Film ini juga memenangkan penghargaan sutradara terbaik dan aktor pendukung terbaik untuk Kodi Smit-McPhee.

Film remake "West Side Story" karya Steven Spielberg mengklaim penghargaan tertinggi untuk komedi atau musikal terbaik. Film itu juga merebut kategori aktris dan aktris pendukung terbaik untuk bintang-bintangnya, Rachel Zegler dan Ariana DeBose.

Will Smith dan Nicole Kidman memenangkan hadiah untuk aktor dan aktris terbaik dalam film drama untuk peran mereka dalam King Richard dan Being the Ricardos.

Tetapi tidak ada bintang besar yang hadir di Beverly Hilton, tempat acara itu biasa diselenggarakan

BACA JUGA: Calon-Calon Nomine Oscar 2022 Cerminkan Gejolak Zaman

Ajang tersebut, yang biasanya mendongkrak peluang meraih Oscar bagi para pemenangnya, dibayangi oleh pertikaian panjang tentang penyimpangan etika oleh panita penyelenggaranya.

Asosiasi Pers Asing Hollywood (HPFA), kelompok 100 penulis hiburan yang memiliki hubungan dengan publikasi asing, telah dituding membiarkan budaya korupsi hingga rasisme hidup dalam organisasi itu.

Tahun ini, NBC membatalkan siarannya, HFPA tidak menawarkan streaming langsung, dan acara tersebut tidak menjadi trending di Twitter. Media sosial itu lebih memfokuskan perhatiannya pada kematian komedian AS Bob Saget pada saat pengumuman Golden Globes berlangsung.

Sebuah laporan di surat kabar The Los Angeles Times tahun lalu mengungkapkan bahwa HFPA tidak memiliki anggota kulit hitam sehingga mengundang banjir kritik dari Hollywood termasuk dari bintang-bintang papan atas seperti Tom Cruise.

Sejak skandal itu pecah, HFPA bergegas melakukan reformasi, dan meningkatkan jumlah keanggotaan tahunannya, termasuk keragaman rasnya.

Panggung perhelatan tahunan Golden Globe Awards ke-79 di Beverly Hilton, Beverly Hills, California, 9 Januari 2022.

HPFA telah melarang para anggotanya menerima hadiah mewah dan menginap di hotel yang disediakan studio-studio yang berusaha mendapat suara mereka, dan menyoroti pekerjaan filantropis organisasi itu.

Selama upacara tertutup pada hari Minggu, HFPA memposkan di Twitter video prarekaman dari Arnold Schwarzenegger dan Jamie Lee Curtis memuji kerja komunitas kelompok tersebut.

"Saya bangga bisa bergabung dengan mereka dalam usaha ini," kata Curtis, mengacu pada pendanaan oleh HFPA untuk program-program komunitasnya.

Andrew Garfield memenangkan penghargaan aktor terbaik dalam kategori komedi atau musikal untuk tick, tick ... Boom! -- sebuah film yang didasarkan pada karya musikal semiotobiografi dari komposer Jonathan Larson.

Succession, kisah tentang keluarga taipan media yang bertikai di saluran HBO, menduduki puncak untuk kategori televisi dengan meraih tiga penghargaan, termasuk drama terbaik. [ab/uh]