Presiden Baru Liberia Mulai Menjabat

Presiden terpilih Liberia Joseph Boakai, yang mengalahkan Presiden George Weah dalam pemilihan putaran kedua, memberikan pidato setelah dia dilantik sebagai presiden pada upacara pelantikan di Monrovia, 22 Januari 2024. (Foto: Reuters)

Presiden baru Liberia, Joseph Boakai, memulai hari pertamanya menjabat pada Selasa (23/1), menggantikan mantan bintang sepak bola, George Weah.

Pelantikan Boakai sempat terhenti pada Senin, karena pemimpin berusia 79 tahun itu mengalami kelelahan akibat suhu yang melonjak, kata sekretaris jenderal partainya kepada AFP.

Boakai mengalahkan Weah dalam pemungutan suara putaran kedua bulan November, dengan hanya memperoleh sedikit lebih di atas 50 persen suara.

“Kami akan memastikan untuk membangun kembali infrastruktur yang rusak dan meningkatkan pelayanan kesehatan, layanan sosial seperti memerangi epidemi narkoba yang menjadi tantangan generasi muda dan bahkan masa depan negara kami,” kata Boakai.

Boakai akan memimpin republik tertua di Afrika itu selama enam tahun. Wakil presidennya, Jeremiah Koung, juga dilantik. [ns/ab]