Presiden Ceko Dirawat di Rumah Sakit Akibat Kecelakaan Sepeda Motor

Presiden Ceko Petr Pavel menyampaikan pidato di hadapan anggota Parlemen eropa di Strasbourg, Prancis, pada 4 Oktober 2023. (Foto: AP/Jean-Francois Badias)

Presiden Ceko, Petr Pavel, dirawat di rumah sakit Praha setelah mengalami ecelakaan sepeda motor pada hari Kamis (23/5), namun lukanya “tidak serius,” ungkap kantornya di platform X.

Pria berusia 62 tahun yang menjabat sejak Maret 2023 itu, akan dirawat di rumah sakit untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

“Cederanya tidak serius, tetapi memerlukan pemantauan singkat di Rumah Sakit Universitas Militer Praha,” kata kantor Pavel.

Juru bicaranya, Vit Kolar, mengatakan kepada stasiun televisi pemerintah Ceko bahwa Pavel akan menghabiskan “beberapa hari” di rumah sakit. Cedera itu tidak berdampak besar pada kesibukan sang presiden, tambah Kolar.

“Mengingat tiga hari ini akhir pekan, jadi kami yakin dampaknya tidak akan terlalu besar,” kata Kolar.

BACA JUGA: Cek Fakta: Duta Besar Rusia untuk AS Salahgunakan Statistik untuk Alihkan Dugaan Peretasan yang Disponsori Moskow

Dia mengatakan kepada stasiun televisi Czech TV bahwa “kita akan melihat” apakah Pavel akan cukup sehat untuk melawat ke Yordania minggu depan.

Pavel juga diperkirakan akan bertemu dengan para menteri luar negeri NATO dalam pertemuan tidak resmi di Praha pada Kamis (30/5) depan, menurut sumber diplomatik.

Media Ceko mengatakan, presiden mengalami kecelakaan di sirkuit balap tertutup, maka polisi tidak menyelidiki kecelakaan itu.

Pernah menjabat sebagai jenderal NATO, Pavel dikenal dengan kegemarannya sebagai pengendara sepeda motor dan ia mengendarai BMW R1200 GS.

Ia pernah mengendarai sepeda motor saat berkunjung ke negara tetangga, Jerman, tak lama setelah pelantikannya. [ps/ka]