Presiden Chili Lakukan Audiensi Pribadi Bersama Paus

Paus Fransiskus bertukar cinderamata dengan Presiden Chili Sebastian Pinera dalam pertemuan di Vatikan, Kamis, 9 September 2021. (Vatican Media via AP)

Paus Fransiskus bertemu dengan Presiden Chili Sebastián Piñera dalam audiensi pribadi di Vatikan hari Kamis (9/9).

Kedua pemimpin membahas perdamaian dan upaya memajukan hak asasi manusia di Amerika Selatan termasuk pentingnya kepedulian terhadap orang miskin dan terpinggirkan, menurut sebuah pernyataan Vatikan.

Selama pertukaran cinderamata antara Paus Fransiskus danPresiden Pinera, presiden memberi Paus asal Argentina itu sebuah papan catur yang terbuat dari kombarbalita, batu asli dari Chili yang berlimpah di Combarbalá, wilayah utara negara itu.

Mereka juga membahas bagaimana pihak gereja dan pemerintah dapat bekerjasama untuk membantu penduduk Chili dalam mengatasi dampak pandemi COVID-19.

Kunjungan Piñera kepada Paus itu merupakan salah satu persinggahan terakhir dari tur Eropanya yang sibuk, sebelum mengakhiri jabatannya pada tahun 2022.

Presiden Chili melewati Prancis dan Spanyol pada awal pekan ini, di mana ia bertemu Presiden Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Pedro Sánchez.

Pinera juga dijadwalkan mengunjungi Inggris, dan direncanakan bertemu dengan Perdana Menteri Boris Johnson. [mg/jm]