Presiden Filipina: Nelayan Mungkin Boleh Kembali Ke Scarborough Shoal

Foto dari Renato Etac, anggota penjaga pantai China, yang mengenakan topi hitam dan jaket orange, mendekati nelayan Filipina di Scarborough Shoal, Laut China Selatan di barat laut Filipina, 23 September 2015.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan nelayan Filipina mungkin akan dapat kembali ke Scarborough Shoal yang dikuasai China beberapa hari lagi setelah ia membicarakan perselisihan wilayah dengan para pemimpin China dalam kunjungannya di Beijing pekan lalu.

Duterte mengatakan hari Minggu (23/10) bahwa ia berkeras pulau karang di lepas pantai barat laut negaranya itu milik Filipina, tetapi China juga mengklaim karang tersebut miliknya.

Duterte tidak memberi rincian pembicaraannya dengan pemimpin China mengenai sengketa tersebut, termasuk apakah China mengenakan persyaratan atas kemungkinan kembalinya nelayan Filipina ke Scarborough, dari mana mereka telah dihalau oleh kapal-kapal pengawal pantai China selama bertahun-tahun.

China merebut karang itu tahun 2012, yang menyebabkan pendahulu Duiterte mengajukan sengketa tersebut ke arbitrasi internasional. Mahkamah menyatakan tidak syah klaim China atas wilayah itu bulan Juli lalu. [gp]