Presiden Iran Katakan Negaranya Tidak akan Mundur dalam Hadapi Agresi Israel

  • Associated Press

Presiden Iran Masoud Pezeshkian berbicara dalam sebuah sesi di KTT BRICS yang digelar di Kazan, Rusia, pada 24 Oktober 2024. (Foto: Maxim Shemetov, Pool via AP)

Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengatakan pada hari Minggu (27/10) bahwa negaranya akan tetap berdiri kukuh menyusul serangan Israel terhadap Iran.

“Tentunya rakyat yang merdeka tidak akan mundur dalam menghadapi rezim kriminal dan haus darah ini. Kami selalu membela hak-hak rakyat kami, dan akan terus melakukan hal tersebut,” kata Pezeshkian kepada para anggota kabinet.

Sebelumnya, stasiun televisi pemerintah Iran mengutip pernyataannya yang mengatakan Iran akan menanggapi Israel dengan “sepantasnya.”

Israel menyerang sasaran-sasaran militer di Iran dengan serangan udara menjelang fajar pada hari Sabtu (26/10) sebagai pembalasan atas rentetan rudal balistik yang ditembakkan Republik Islam itu ke Israel awal bulan ini.

Your browser doesn’t support HTML5

Sapa Dunia: Israel Serang Iran, AS Serukan De-eskalasi di Timur Tengah

Ini adalah pertama kalinya militer Israel menyerang Iran secara terbuka.

Stasiun televisi pemerintah juga mengutip Pezeshkian yang mengatakan bahwa Amerika Serikat telah berjanji kepada Iran untuk menghentikan perang di Gaza dan Lebanon jika Teheran menahan diri namun Amerika tidak menepati janjinya.

Presiden Iran juga memperingatkan ketegangan akan meningkat jika agresi dan kejahatan Israel terus berlanjut. [ab/lt]