Presiden Obama Ambil Langkah Pertama Bantu Militer Somalia

Presiden Barack Obama bersama Kepala Staf Gedung Putih Denis McDonough di Kantor Oval, Washington DC (Foto: dok). Presiden Obama telah mengeluarkan memo untuk Menlu Kerry agar dapat mempertimbangkan bantuan miiter bagi Somalia, Senin (8/4).

Presiden Obama mengeluarkan memo kepada Menteri Luar Negeri John Kerry, Senin (8/4) yang menyatakan Somalia patut mendapat peralatan pertahanan.
Presiden Amerika Barack Obama telah mengambil langkah pertama menuju pemberian bantuan militer Amerika kepada Somalia, dengan mengeluarkan memo kepada Menteri Luar Negeri John Kerry, Senin (8/4).

Dalam memo tersebut Presiden Obama menyatakan Somalia patut mendapat peralatan pertahanan. Tindakan itu tidak segera memberi bantuan militer kepada Somalia, namun berdasarkan memo tersebut, Menteri Kerry diberikan keleluasaan untuk mempertimbangkan pengambilan langkah bagi pemberian bantuan untuk Somalia di masa depan.

Seorang pejabat tinggi pemerintahan Obama mengatakan pemberian izin itu adalah bagian dari normalisasi hubungan antara Amerika Serikat dan Somalia.

Amerika Serikat dengan resmi mengakui pemerintah Somalia sebelumnya tahun ini, pertama kali Washington mengakui pemerintah Somalia sejak tahun 1991.

Bulan lalu, Dewan Keamanan PBB mencabut sebagian embargo senjata terhadap Somalia untuk membantu pasukan pemerintah yang sedang memerangi militan Islamis di negara itu.