Presiden Obama Calonkan Pejabat Senior untuk Pimpin Kantor Anggaran

Sylvia Mathews Burwel (kanan) dan Direktur Anggaran Amerika, Jack Lew (paling kiri) mendampingi Presiden Clinton saat menandatangani anggaran sebesar $520 miliar di Gedung Putih, 21 Oktober 1998 (Foto: dok). Presiden Obama akan mengumumkan pencalonan Sylvia Mathews Burwel sebagai Direktur Kantor Pengelolaan dan Anggaran Amerika, hari ini (4/3).

Gedung Putih mengatakan Presiden Barack Obama akan mengumumkan pencalonan pimpinan yayasan amal perusahaan Walmart sebagai kandidat direktur Kantor Pengelolaan dan Anggaran Amerika, Senin (4/3).
Sylvia Mathews Burwell, seorang pejabat senior di era pemerintahan presiden Bill Clinton, diajukan sebagai calon direktur Kantor Pengelolaan dan Anggaran Amerika oleh Pemerintahan Obama. Pencalonan ini diajukan di tengah berlangsungnya pertikaian anggaran yang sengit antara Gedung Putih dan kubu partai Republik dalam Kongres Amerika.

Obama telah menanda-tangani perintah pemotongan otomatis $ 85 miliar pengeluaran pemerintah, yang diberlakukan akibat tidak tercapainya kesepakatan antara Kongres dan Gedung Putih terkait rencana alternatif untuk mengurangi defisit anggaran.

Pejabat Gedung Putih mengatakan Burwell telah terbukti memiliki prestasi sebagai seorang pemikir dan pemecah masalah yang membina konsensus untuk menyelesaikan tugas.

Pejabat tersebut menggambarkan Burwell sebagai salah seorang dari para arsitek utama yang merancang rententan rencana anggaran di era pemerintahan Clinton yang menghasilkan surplus anggaran.

Pada masa pemerintah Clinton, Burwell menjabat sebagai Wakil Direktur Pengelolaan dan Anggaran dari tahun 1998 sampai tahun 2001. Dia juga pernah menjabat sebagai wakil kepala staf Presiden dan kepala staf menteri keuangan.

Burwell pernah menjadi presiden program pembangunan global Yayasan Bill and Melinda Gates sebelum memegang jabatannya di Yayasan Walmart.

Burwell akan menggantikan Jeffrey Zients, penjabat direktur Kantor Pengelolaan dan Anggaran.