Puluhan Jurnalis Gelar Demo di Myanmar Tuntut Pembebasan Wartawan Reuters

Para aktivis menggelar aksi demo di Yangon, Myanmar, memperingati penangkapan dua jurnalis Reuters, Wa Lone dan Kyaw Soe Oo, 12 December 2018.

Puluhan jurnalis dan aktivis menggelar sebuah demonstrasi di Yangon, Myanmar, untuk memperingati penangkapan dua wartawan kantor berita Reuters yang termasuk dalam kelompok jurnalis yang baru-baru ini diberi penghargaan oleh Majalah Time sebagai "Person of the Year".

Para demonstran mengenakan kaus-kaus yan bertuliskan seruan-seruan bagi pembebasan Wa Lone dan Kyaw Soe Oo, yang diduga ditangkap karena melaporkan peristiwa penumpasan brutal pimpinan militer terhadap kelompok minoritas Muslim Rohingya.

BACA JUGA: Majalah Time Tetapkan Wartawan sebagai "Person of the Year"

Kedua wartawan itu ditangkap tepat dua tahun lalu, Rabu ini, dan didakwa memiliki secara ilegal dokumen-dokumen rahasia negara. Keduanya, yang dijatuhi hukuman tuju tahun penjara September lalu, membantah tuduhan itu dan mengatakan mereka telah dijebak oleh polisi.

Sampul-sampul majalah Time edisi mendatang akan menampilkan gambar istri-istri kedua wartawan tersebut yang sedang memegang foto-foto suami mereka. [ab]