Pusat Seni Bersejarah Inggris Terbakar

Asap mengepul akibat kebakaran di Somerset House di London, Inggris, 17 Agustus 2024. (Foto: REUTERS/Maja Smiejkowska)

Karya-karya seni berharga, termasuk lukisan Van Gogh dan Monet, yang merupakan bagian dari koleksi seni berharga di Somerset House, pusat seni di London, Inggris, tetap aman meskipun si jago merah melahap gedung bersejarah tersebut pada Sabtu (17/8).

Sekitar 125 petugas pemadam kebakaran dan 20 kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang melanda atap sayap barat. Api di bangunan yang berusia lebih dari 450 tahun tersebut berhasil dipadamkan sebelum pukul 19.00 waktu setempat.

"Kebakaran di #SomersetHouse kini terkendali dan penyelidikan atas penyebabnya akan dimulai," tulis Brigade Pemadam Kebakaran London di situs media sosial X.

Kompleks budaya neoklasik yang terletak di sepanjang Sungai Thames dijadwalkan akan menjadi lokasi kompetisi breakdance pada Sabtu. Namun, asap yang mengepul dari pusat gedung menyebabkan banyak orang menghubungi pemadam kebakaran.

Sebuah karya berjudul 'Whorled (Here After Here After Here)' karya seniman India Jitish KallatIn, berdiri di tengah, di Somerset House di London, 16 Februari 2023. (Foto: AP)

"Kebakaran terjadi di sebagian atap gedung," Asisten Komisaris Pemadam Kebakaran London Keeley Foster mengatakan kepada wartawan dari luar gedung bersejarah tersebut, menurut sebuah pernyataan.

"Usia dan desain gedung tersebut menjadi tantangan bagi kru saat mereka pertama kali merespons."

Brigade pemadam kebakaran menambahkan bahwa tidak ada laporan cedera karena staf dan pengunjung sudah meninggalkan gedung ketika mereka tiba.

Somerset House menyatakan di situs webnya bahwa gedung tersebut, yang pernah menjadi tempat tinggal Ratu Elizabeth I sebelum dinobatkan pada 1558 dan Anne dari Denmark, "akan tetap ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut."

Somerset House di London, menggelar pameran "The Horor Show". (Facebook/somersethouse)

Kompleks budaya bersejarah di pusat kota London ini menampung berbagai bisnis kreatif dan ruang seni, termasuk Galeri Courtauld, yang memamerkan "Potret Diri dengan Telinga yang Dibalut" ("Self-Portrait with Bandaged Ear") hasil lukisan kuas Vincent van Gogh sebagai salah satu karya unggul dalam koleksinya.

"Galeri Courtauld tidak terkena dampak langsung oleh kebakaran tersebut dan akan tetap dibuka," kata pernyataan Somerset House.

Rekaman yang diambil dari pusat kota London menunjukkan gumpalan asap tebal mengepul di atas gedung, yang membentang sekitar 180 meter di sepanjang tepian Sungai Thames.

BACA JUGA: Museum Banksy Dibuka di New York

Halaman gedung megah ini digunakan sebagai lokasi pertunjukan musik selama musim panas dan menjadi arena seluncur es yang terkenal di musim dingin, yang juga tampil dalam film "Love Actually" 2003.

Bangunan itu juga muncul dalam film "The Duchess" 2008, yang dibintangi Keira Knightley dan Ralph Fiennes, serta film horor Tim Burton 1999 "Sleepy Hollow" dan dua film James Bond.

"Para petugas telah bekerja sangat keras di tengah cuaca yang sangat panas dan panasnya api untuk melindungi Somerset House dari kerusakan lebih lanjut," kata Asisten Komisaris Foster. [ah/ft]