Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Diganti

Putra Mahkota Muhammad yang baru ditunjuk Mohammed bin Salman (L) mencium tangan Pangeran Mohammed bin Nayef di Mekkah, Arab Saudi, 21 Juni 2017.

Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi telah diganti. Dekrit Kerajaan Saudi menyatakan, Mohammed bin Salman, yang merupakan putra Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, kini diangkat sebagai Putra Mahkota yang baru. Ia menggantikan Mohammed bin Nayef.

Pengumuman ini disampaikan, Rabu, melalui Saudi Press Agency (SPA). Ini berarti, Mohammed bin Salman akan menjadi Raja Saudi selanjutnya, jika Raja Salman tidak mampu lagi memerintah.

Pangeran Mohammed bin Salman, yang sebelumnya menempati posisi Wakil Putra Mahkota, juga akan menjadi wakil perdana menteri baru. Sementara itu, Mohammed bin Nayef telah diberhentikan dari semua jabatannya, termasuk dari posisi menteri dalam negeri.

Mohammed bin Nayef yang berusia 58 tahun, merupakan keponakan Raja Salman.

Menurut laporan SPA, Pangeran Mohammed bin Salman terpilih sebagai Putra Mahkota yang baru dengan memperoleh suara mayoritas dalam Komisi Suksesi Saudi, yang semua anggotanya adalah anggota keluarga kerajaan.

Dari 34 anggota Komisi Suksesi Saudi, sebanyak 31 anggota menyetujui Mohammed bin Salman sebagai Putra Mahkota Saudi yang baru.

Dekrit yang dikeluarkan oleh Raja Salman itu juga menyatakan penunjukan Pangeran Abdulaziz bin Saud bin Naif sebagai Menteri Dalam Negeri Saudi.

Tidak diketahui pasti alasan penggantian Mohammed bin Nayef sebagai Putra Mahkota Saudi.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman (Foto: dok).

Pangeran Mohammed bin Salman merupakan anak Raja Salman dari istri ketiganya. Dia dikenal sebagai salah satu sosok berpengaruh di Saudi. Pangeran Saudi yang masih berusia 31 tahun ini, juga menjabat Menteri Pertahanan Saudi. Dia mencetak sejarah sebagai Menhan termuda di dunia. Pangeran Mohammed juga merupakan sosok yang mencetuskan rencana reformasi ekonomi Saudi. [ab/as]