Putri Senator McCain Kritisi Pejabat yang Komentari Ayahnya

Senator AS John McCain dan istrinya, Cindy (foto: dok). McCain yang kini berusia 81 tahun, mengidap kanker otak.

Putri Senator John McCain mengecam komentar miring terhadap ayahnya yang sakit-sakitan, mengatakan “tidak ada seorang pun yang akan mengenang” mereka yang meremehkan McCain.

Meghan McCain membela ayahnya hari Jumat (11/5) dalam sebuah acara TV yang dipandunya, setelah seorang pejabat Gedung Putih menyinggung tentang oposisi McCain terhadap pilihan Gedung Putih untuk mengepalai CIA, “Tidak masalah, ia sedang sekarat.”

Kelly Sadler, asisten khusus di kantor komunikasi Gedung Putih, dilaporkan membuat pernyataan itu hari Kamis dalam suatu rapat staf komunikasi Gedung Putih.

Meghan McCain mengatakan bahwa mereka yang meremehkan ayahnya adalah "nothingburgers” atau orang-orang tak berarti.

“Warisan ayah saya akan dibicarakan selama ratusan tahun,” katanya.

John McCain, seorang senator berusia 81 tahun dari Arizona, mengidap kanker otak.

Dua orang yang menghadiri rapat tertutup dan berbicara kepada Associated Press dengan syarat anonim itu menyatakan mereka merasa terkejut dan heran oleh pernyataan tersebut.

Pernyataan itu telah dikukuhkan oleh media-media lainnya.

Gedung Putih tidak membantah pernyataan itu, dan mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan, “Kami menghormati jasa Senator McCain terhadap negara kita dan ia serta keluarganya ada dalam doa kami pada masa sulit ini.”

Hari Kamis (10/5) malam, setelah pernyataan Sadler itu diberitakan, istri McCain, Cindy mencuit di Twitter, “Bisakah saya ingatkan Anda, suami saya punya keluarga, 7 anak dan 5 cucu.”

McCain, yang mengalami penyiksaan sewaktu menjadi tawanan perang di Vietnam, mengeluarkan pernyataan pada hari Rabu yang mendesak Senat agar menolak Gina Haspel sebagai direktur CIA. Ia menyatakan yakin Haspel adalah seorang patriot, tetapi “penolakannya untuk mengakui bahwa penyiksaan adalah tindakan tidak bermoral membuatnya tidak layak dipilih.”

McCain kembali ke Arizona pada Desember lalu setelah didiagnosis mengidap glioblastoma, sejenis kanker otak yang agresif. McCain dan Trump memiliki hubungan yang bermasalah.

Dalam kampanye kepresidenannya, Trump berkata mengenai McCain, “Ia bukan pahlawan perang, ia menjadi pahlawan perang karena ia ditangkap. Saya suka orang yang tidak tertangkap.” [uh/vm/al]