Raja Inggris Charles III Menderita Kanker

Raja Inggris Charles III dan Ratu Camilla saat meninggalkan "The London Clinic" di pusat kota London, Senin 29 Januari 2024.

Raja Inggris Charles III didiagnosis mengidap penyakit kanker dan telah memulai proses pengobatan, kata Istana Buckingham, Senin (5/2).

Pihak istana mengatakan, kanker itu tidak ada hubungannya dengan perawatan Charles baru-baru ini untuk pembengkakan prostat jinak. Mereka tidak menyebutkan jenis kanker yang diderita raja berusia 75 tahun itu.

Istana Buckingham mengatakan, “masalah lain terdeteksi” ketika Charles menjalani perawatan penyakit prostatnya bulan lalu. “Uji diagnostik telah mengidentifikasi sejenis kanker,” ungkap mereka.

“Yang Mulia hari ini telah memulai jadwal perawatan rutin dan selama masa ini beliau telah disarankan oleh dokter untuk menunda tugas-tugas yang berhadapan dengan publik,” ujar pihak istana. “Sepanjang masa ini, Yang Mulia akan terus menjalankan urusan negara dan urusan resmi seperti biasa.”

Ditambahkan bahwa Charles “tetap menyikapi dengan positif perawatan yang dijalaninya dan berharap dapat segera kembali menjalankan tugas publiknya.” [rd/ka]