Ribuan Petugas Pemadam Dikerahkan Atasi Kebakaran Hutan di Portugal

Seorang petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan kebakaran hutan di Casais do Vento di Alvaiazere, 10 Juli 2022. Sekitar 1.500 petugas pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan tiga kebakaran hutan yang berlangsung lebih dari 48 jam di Portugal tengah dan utara.

Ribuan petugas pemadam kebakaran hari Minggu berjuang mengatasi kebakaran hutan di Portugal, yang menurut pihak berwenang telah melukai 29 orang.

Media lokal mengutip pihak berwenang yang menyatakan 12 petugas pemadam dan 17 warga sipil memerlukan bantuan medis untuk mengobati luka ringan yang disebabkan oleh kebakaran.

Hingga Minggu sore, Badan Perlindungan Sipil menyatakan lebih dari 3.000 petugas pemadam terlibat dalam upaya mengatasi kebakaran aktif.

Seorang warga setempat mengatakan, “Sepanjang pagi saya panik, saya melihat helikopter dan lain-lainnya, dan saya tidak dapat melihat apa pun. Sekarang malam hari dan saya melihatnya. Mengerikan.”

BACA JUGA: Portugal Perangi Kebakaran Hutan di tengah Kekeringan, 29 Cedera

Pemerintah mengatakan telah mengerahkan 60 pesawat untuk membantu petugas di darat.

Uni Eropa hari Minggu mengaktifkan program bantuan armada udara pemadam kebakaran yang memungkinkan negara-negara anggota berbagi sumber daya untuk membantu Portugal. Kebakaran hutan ini terjadi sewaktu Portugal mengalami gelombang panas dengan suhu yang diperkirakan mencapai 43 derajat Celsius. Pada saat bersamaan, 96% negara di bagian selatan Eropa ini digolongkan mengalami kekeringan yang “ekstrem” atau “parah” pada bulan Juni.

Uni Eropa telah memperingatkan bahwa perubahan iklim telah membuat benua tersebut menghadapi salah satu tahun tersulit dalam bencana alam seperti kekeringan dan kebakaran hutan. [uh/ab]