Rick Santorum Kembali Maju Jadi Kandidat Capres AS

Mantan senator AS Rick Santorum (tengah) bersama keluarganya saat mengumumkan pencalonannya di Cabot, Pennsylvania (27/5). (AP/Keith Srakocic)

Mantan anggota Kongres yang kini berusia 57 tahun itu mengumumkan upayanya yang ke dua untuk menjadi kandidat calon presiden.

Mantan senator AS Rick Santorum, Rabu (27/5), bergabung dengan sejumlah anggota Partai Republik lainnya yang menyatakan akan mengikuti pemilihan kandidat calon presiden dari partai tersebut tahun 2016.

Berbicara di sebuah pabrik di dekat rumah masa kecilnya di negara bagian Pennsylvania, mantan anggota Kongres yang kini berusia 57 tahun itu mengumumkan upayanya yang ke dua untuk menjadi kandidat calon presiden.

Ia mencalonkan diri sebagai kandidat Partai Republik pada tahun 2012 setelah menjadi wakil Pennsylvania, mula-mula di Dewan Perwakilan Rakyat, dan kemudian di Senat hingga tahun 2007.

Sewaktu berkampanye pada 2012, ia mengunjungi seluruh 99 kabupaten di Iowa sebelum berlangsung kaukus penting di negara bagian itu. Di sana ia mencatat kemenangan mengejutkan atas mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney, yang akhirnya terpilih sebagai calon presiden dari partai Republik.