Roda Pesawat Hilang, Pesawat United Airlines Mendarat Darurat di LA

  • Associated Press

Sebuah pesawat United Airlines mendarat di Bandara Internasional Sarasota di Florida, 9 Februari 2024. Sebuah pesawat jet United Airlines yang menuju Jepang melakukan pendaratan di Los Angeles setelah kehilangan roda saat lepas landas dari San Francisco.(Foto: AP)

Sebuah pesawat jet United Airlines yang menuju Jepang melakukan pendaratan yang aman di Los Angeles pada hari Kamis (7/3) setelah kehilangan roda saat lepas landas dari San Francisco.

Mobil pemadam kebakaran disiagakan di Bandara Internasional Los Angeles ketika pesawat Boeing 777 itu melakukan pendaratan darurat dengan mulus, dan berhenti sekitar dua pertiga dari landasan pacu.

Juru bicara bandara Dae Levine mengatakan bahwa pesawat mendarat dengan selamat.

Pesawat itu kemudian diderek.

Maskapai penerbangan United Airlines mengatakan penerbangan itu membawa 235 penumpang dan 14 awak.

Pesawat yang dibuat pada 2002 itu dirancang untuk mendarat dengan aman, meskipun ada roda yang hilang atau rusak.

BACA JUGA: Maskapai-maskapai Penerbangan AS Naikkan Biaya Bagasi Terdaftar karena Lonjakan Biaya

Seluruh penumpang Boeing 777 itu kemudian dipindahkan ke pesawat lain untuk sisa perjalanan mereka.

Pesawat Boeing 777 memiliki enam roda pada masing-masing dari dua roda pendaratan utama.

Video keberangkatan Penerbangan 35 menunjukkan pesawat kehilangan salah satu dari enam ban di roda pendaratan utama sisi kiri beberapa detik setelah lepas landas.

Juru bicara bandara Doug Yakel dalam sebuah pernyataan mengatakan puing-puing roda jatuh di tempat parkir karyawan bandara di Bandara Internasional San Francisco. Tidak ada yang terluka. Landasan pacu sempat ditutup untuk membersihkan puing-puing, namun kini telah dibuka kembali, katanya.

Sementara juru bicara Administrasi Penerbangan Federal FAA Tony Molinaro mengatakan FAA akan melakukan investigasi terhadap insiden itu. [em/rs]