Rusia Cabut Lisensi Edisi Cetak Majalah Novaya Gazeta 

Pengacara Novaya Gazeta Yaroslav Kozheurov memegang salinan majalah Novaya Gazeta di gedung pengadilan di Moskow, Rusia, Selasa 6 September 2022.

Sehari setelah melarang salah satu surat kabar independen Rusia terakhir, Novaya Gazeta, pengadilan Moskow hari Selasa (6/9) mencabut lisensi majalah serumpunnya, yang baru dibentuk dua bulan lalu.

Novaya Gazeta menangguhkan publikasinya di Rusia pada Maret setelah diperingatkan karena melanggar undang-undang sensor baru yang meliput konflik di Ukraina. Lisensinya dicabut setelah pengawas media, Rozkomnadzor, menuduhnya gagal mendokumentasikan dengan benar perubahan kepemilikan tahun 2006.

BACA JUGA: Rusia Blok Situs Lain yang Dikelola Staf Novaya Gazeta

Novaya Gazeta, sebuah media pendukung oposisi Rusia yang didirikan tahun 1993 dengan uang dari hadiah Nobel Perdamaian mendiang pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev, telah mengukir sejarah sebagai media investigasi terkemuka Rusia, bahkan ketika kebebasan pers dibatasi kembali.

Pemberangusan pers oleh Presiden Vladimir Putin selama 20 tahun memastikan bahwa semua media massa Rusia mengikuti garis Kremlin, dan pandangan yang kritis hanya dapat diakses oleh mereka yang bisa menghindari perintang pemerintah untuk mengakses konten online yang diterbitkan di luar negeri. [ps/jm]