Rusia dan China Siap Langsungkan Latihan Militer Bersama

  • Associated Press

Sejumlah tentara China tiba di stasiun kereta Grodekovo di Primorsky Krai, Rusia, pada 29 Agustus 2022. Tentara China akan berpartisipasi dalam latihan militer gabungan dengan pasukan Rusia. (Foto: Russian Defense Ministry Press Service via AP)

Rusia, pada Senin (29/8), mengatakan akan melancarkan latihan militer di wilayah timur negara itu, di mana latihan tersebut akan melibatkan pasukan dari China. Hal itu menunjukkan semakin eratnya hubungan pertahanan antara Moskow dan Beijing di tengah ketegangan antara Rusia dengan Barat terkait tindakan Kremlin di Ukraina.

Dalam pengarahan yang disampaikannya pada Senin, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexander Formin mengatakan sebagai bagian dari manuver itu, Angkatan Laut Rusia dan China di Laut Jepang akan “mempraktikkan tindakan bersama untuk melindungi komunikasi laut serta kegiatan ekonomi kelautan.”

BACA JUGA: Kapal Perang AS Berlayar Melewati Selat Taiwan

Fomin merinci bahwa latihan Angkatan Laut itu akan berlangsung di bagian utara dan tengah Laut Jepang.

“Latihan itu tidak ditujukan terhadap negara atau aliansi militer tertentu, dan murni bersifat defensif,” ujar Fomin dalam pertemuan dengan atase militer asing itu.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, latihan Vostok 2022 (Timur 2022.red) akan diadakan dari tanggal 1–7 September di berbagai lokasi jauh di wilayah timur Rusia dan Laut Jepang; dan melibatkan lebih dari 50.000 tentara, lebih dari 5.000 unit senjata, 140 pesawat tempur dan 60 kapal perang.

Your browser doesn’t support HTML5

AS Tambah Bantuan Senjata ke Ukraina Sambil Halangi Produksi Senjata Rusia

Latihan darat akan dilakukan di tujuh lapangan tembak di timur jauh Rusia dan akan melibatkan pasukan dari beberapa negara pecahan Uni Soviet, China, India, Laos, Mongolia, Nikaragua dan Suriah.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan unit Pasukan Lintas Udara Rusia, pesawat pembom jarak jauh dan pesawat kargo militer akan ikut ambil bagian dalam latihan bersama dengan pasukan lain itu. [em/jm]