Rusia Gempur Kherson

Kerusakan di Svobody Square setelah gedung Administrasi Negara Regional Kherson dilaporkan terkena tembakan roket Rusia di Kherson, Ukraina dalam gambar diam dari video yang dirilis 14 Desember 2022. (Kherson Regional State Administration/Handout via REUTERS)

Ukraina mengatakan serangan Rusia menewaskan dua orang hari Selasa di Kherson, kota di bagian selatan, sementara para pejabat yang ditunjuk Rusia melaporkan serangan Ukraina di Donetsk, kota di bagian timur.

Kyrylo Tymoshenko, deputi kepala kantor presiden Volodymyr Zelenskyy, memposting di Telegram bahwa serangan Rusia menghantam gedung pemerintah regional di Kherson.

Di Donetsk, wali kota yang diangkat oleh Rusia, Alexei Kulemzin, mengatakan, serangan semalam merupakan sebagian dari beberapa serangan terbesar di sana dalam beberapa tahun ini.

Separatis dukungan Rusia telah menguasai beberapa bagian wilayah Donetsk sejak 2014. Sebelumnya tahun ini, daerah itu merupakan bagian dari aneksasi yang diumumkan Rusia tetapi ditolak oleh masyarakat internasional.

Di Jenewa, Komisaris Tinggi PBB urusan HAM Volker Turk mengatakan dalam pertemuan Dewan HAM bahwa perang Rusia di Ukraina berlanjut dengan ditandai oleh pelanggaran berat hukum HAM internasional.

BACA JUGA: Ukraina: Rusia Serang Kyiv dengan Drone

Turk, yang mengakhiri kunjungan ke Ukraina pekan lalu, mengatakan 18 juta orang di Ukraina membutuhkan bantuan kemanusiaan dan bahwa serangan udara tambahan Rusia “dapat mengarah ke situasi kemanusiaan yang lebih buruk dan memicu lebih banyak pengungsian.”

Ia mengatakan serangan Rusia terhadap infrastruktur sipil, termasuk fasilitas-fasilitas energi, membuat jutaan warga sipil Ukraina terpapar “kesulitan ekstrem selama bulan-bulan musim dingin.”

“Harapan terdalam saya adalah berakhirnya perang yang tak masuk akal ini,” kata Turk.

Juga Kamis, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan kepada wartawan bahwa rencana AS untuk mengesahkan pengiriman sistem pertahanan rudal Patriot ke Ukraina sama saja dengan “provokasi.”

Zakharova mengatakan AS harus “mengambil kesimpulan yang tepat” dari peringatan Rusia bahwa peralatan yang dipasok AS merupakan target sah untuk serangan Rusia.

Para pejabat AS Selasa mengatakan mereka siap mengesahkan pengiriman baterai rudal Patriot ke Ukraina, sistem rudal darat-ke-udara paling canggih yang diberikan Barat untuk pemerintah Kyiv dalam perang 10 bulan Rusia di Ukraina. [uh/ab]