Rusia Hancurkan Rudal dan Drone Ukraina

FILE - Seorang warga setempat memeriksa mobil rusak yang terkena tembakan, yang oleh pemerintah setempat disebut sebagai serangan militer Ukraina, di pemukiman Razumnoe di wilayah Belgorod, Rusia 19 Maret 2024.

Kementerian Pertahanan Rusia, Rabu (20/3) melaporkan mereka telah menggagalkan serangan rudal dan drone Ukraina yang menargetkan beberapa kawasan Rusia. Sementara itu kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Joseph Borrell mengusulkan penggunaan pendapatan dari aset-aset Rusia yang dibekukan di Eropa untuk tambahan dana yang dikirim untuk bantuan militer bagi Ukraina.

Rusia mengatakan pertahanan udaranya menghancurkan 13 rudal dan satu drone Ukraina di wilayah Belgorod, yang berbatasan dengan Ukraina.

Kementerian pertahanan mengatakan telah menghancurkan empat rudal Ukraina lainnya di wilayah Saratov, di bagian barat Rusia.

Gubernur Saratov Roman Busargin mengatakan di aplikasi Telegram bahwa tidak ada korban atau kerusakan di darat akibat puing-puing yang berjatuhan.

Di Brussels, Borrell mengajukan proposalnya untuk mengambil hasil dari misalnya pembayaran bunga dari aset-aset Rusia dan mengirimkan 90 persen dari uang tersebut ke Fasilitas Perdamaian Eropa.

Ia mengatakan dana tersebut dapat berjumlah hingga sekitar $3 miliar per tahun.

Sementara itu, PM Ukraina Denys Shmyhal berada di Brussels untuk ambil bagian dalam pembicaraan dengan para pejabat Uni Eropa yang kata Borrell akan mencakup pembahasan dukungan bagi Ukraina untuk membela diri dari Rusia serta upaya Ukraina bergabung dengan Uni Eropa. [uh/lt]