Rusia Klaim Berhasil Serang 'Kompleks Industri Militer Ukraina'

Petugas pemadam kebakaran bekerja di lokasi fasilitas penyimpanan yang terkena serangan rudal Rusia di Dnipro, Ukraina, 28 April 2023. (Foto: via Reuters)

Rusia pada Sabtu (13/1) mengatakan pihaknya berhasil menghancurkan semua sasaran dalam serangkaian serangan terhadap fasilitas produksi amunisi dan pesawat nirawak atau drone di Ukraina.

"Pagi ini, Angkatan Bersenjata Federasi Rusia melakukan serangan kelompok... terhadap fasilitas kompleks industri militer Ukraina," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah briefing harian.

Mereka menyatakan bahwa sasaran serangan tersebut adalah tempat produksi peluru, bubuk mesiu, dan kendaraan udara nirawak.

BACA JUGA: Zelenskyy: Jeda dalam Perang Hanya Akan Bantu Rusia Pulihkan Persenjataan

“Semua fasilitas yang dituju berhasil diserang,” tambahnya.

Ukraina sebelumnya mengatakan pihaknya mencatat 40 drone dan rudal yang diluncurkan dari Rusia. Delapan rudal hancur dan “lebih dari 20 perangkat” berhasil dinonaktifkan dalam peperangan elektronik.

Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan sejauh ini. Namun, pihak berwenang Ukraina mengatakan seorang warga sipil terluka di wilayah timur laut Sumy.

Angkatan udara di negara tetangga Ukraina, Polandia, mengatakan pihaknya sempat mengaktifkan sistem pertahanan udara karena meningkatnya tingkat ancaman, sebelum kembali normal. [ah]