Rusia Perkuat Cengkeramannya di Sievierodonetsk

Asap mengepul dari Kota Sievierodonetsk di tengah pertempuran antaran pasukan Rusia dan Ukraina di kota tersebut pada 14 Juni 2022. (Foto: AFP/Aris Messinis)

Rusia kini menguasai sekitar 80 persen dari wilayah Sievierodonetsk, kota industri yang terletak di timur Ukraina, dan telah menghancurkan tiga jembatan yang menghubungkan kota tersebut dengan wilayah luar, demikian pernyataan gubernur kawasan Luhansk Serhiy Haidai pada Selasa (14/6).

Dengan penghancuran jembatan-jembatan itu, Haidai mengakui tidak mungkin pihaknya melakukan evakuasi massal warga sipil dari kota itu akibat serangan Rusia yang berlangsung tanpa henti di kota tersebut.

BACA JUGA: Pasukan Rusia Mendesak Masuk Pusat Kota Sievierodonetsk

Haidai menambahkan bahwa pasukan Ukraina telah didorong ke arah pinggiran kota itu karena "pasukan Rusia menerapkan metode bumi hangus dan menggunakan artileri berat" dalam serangan yang mereka lakukan di wilayah tersebut.

Namun, Haidai mengatakan kepada Associated Press bahwa pasukan Rusia belum sepenuhnya memblokir akses menuju kota itu, sehingga memberikan Ukraina "kesempatan untuk mengevakuasi korban yang mengalami luka-luka, melakukan komunikasi dengan pihak militer dan sejumlah warga lokal."

Dari sekitar 100.000 penduduk Sievierodonetsk, kini tinggal 12.000 orang yang masih berada di kota itu. Sebanyak 500 warga sipil mencari perlindungan di pabrik kimia Azot, yang terus menerus diserang oleh pasukan Rusia. [jm/em]