Rusia Tangkap Pria AS atas Tuduhan Perdagangan Narkoba

Seorang pria AS telah ditangkap di Moskow atas tuduhan perdagangan narkoba (foto: ilustrasi).

Seorang musisi dan mantan penerjun payung AS telah ditangkap di Moskow atas tuduhan perdagangan narkoba dan kehadirannya di ruang pengadilan, yang dikurung di dalam kerangkeng besi, telah ditayangkan di televisi pemerintah.

Sistem pengadilan Rusia menyebut orang Amerika yang ditahan itu sebagai Michael Travis Leake (51 tahun), yang sebelumnya adalah seorang penulis lagu dan musisi band rock Rusia "Lovi Noch" ("Catch the night").

Televisi pemerintah Rossiya 24 menayangkan ia berdiri di kerangkeng pengadilan sementara REN TV menunjukkan foto ia ditahan pada 6 Juni di Moskow, tergeletak di lantai mengenakan pakain dalam dan T-shirt sementara tangannya di borgol di belakang punggungnya.

BACA JUGA: Rusia Tahan Wartawan AS atas Tuduhan Spionase

"Pada 10 Juni 2023, Pengadilan Distrik Khamovniki Moskow memerintahkan penahanan terhadap seorang warga negara AS," demikian menurut pernyataan di aplikasi perpesanan Telegram oleh pengadilan yurisdiksi umum Moskow.

"Mantan penerjun payung dan musisi, yang dituduh menjalankan bisnis perdagangan narkoba yang melibatkan anak muda itu, akan tetap ditahan hingga 6 Agustus 2023."

Belum jelas apakah Leake memiliki seorang pengacara. Kantor berita Reuters belum bisa menghubungi Leake untuk dimintai komentar karena ia berada dalam tahanan Rusia. Pesan-pesan ke bandnya belum dibalas. [my/jm]