Rusia Tangkap Pria Korea Selatan Atas Tuduhan Mata-mata

Foto ilutrasi yang menggambarkan pengumpulan informasi yang dilakukan oleh mata-mata. (Foto: Reuters)

Seorang pria warga negara Korea Selatan ditangkap di Rusia karena dicurigai melakukan spionase, kata kantor berita pemerintah Rusia TASS, Senin (11/3).

TASS mengutip lembaga penegak hukum yang mengatakan bahwa pria yang disebut bernama Park Won-soon itu telah ditahan di Kota Vladivostok, di timur jauh Rusia, sebelum dipindahkan ke Moskow untuk menjalani “penyelidikan.”

Kantor berita pemerintah tersebut mengatakan bahwa itu adalah kasus pertama yang menyeret warga negara Korea Selatan. Media itu tidak membagikan rincian terkait detail tuduhan mata-mata yang dikenakan terhadapnya.

BACA JUGA: Turki Dakwa Enam Orang Sebagai Mata-mata Mossad Israel

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa konsulatnya telah menyediakan bantuan bagi pria itu sejak mengetahui penangkapannya. Pihak kementerian menolak memberikan rincian kasus yang sedang diselidiki.

Rusia menganggap Korea Selatan negara yang “tidak bersahabat” karena Seoul mendukung sanksi yang dijatuhkan negara-negara Barat terhadap Moskow akibat perang di Ukraina.

Pada saat bersamaan, Rusia telah membina hubungan yang lebih dekat dengan Korea Utara, yang menurut AS menyediakan amunisi ke Moskow untuk digunakan dalam perang. Korea Utara dan Rusia membantah hal tersebut, meski keduanya berjanji untuk memperkuat kerja sama militer. [rd/rs]