Rusia: Putin Siap Bertemu Trump

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov di Moskow, Rusia, 13 April 2018. (Foto: dok).

Menlu Rusia Sergei Lavrov mengatakan Presiden Vladimir Putin bersedia menerima undangan Presiden AS Donald Trump untuk bertemu di Washington.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan Presiden Vladimir Putin bersedia menerima undangan Presiden Amerika Donald Trump untuk mengadakan pertemuan di Washington.

Dalam wawancara dengan kantor berita pemerintah RIA Novosti, Lavrov mengatakan Putin "siap untuk mengadakan pertemuan demikian."

"Kami dipandu oleh fakta bahwa Presiden Amerika, dalam pembicaraan telepon - yang merupakan fakta yang sudah diketahui, bukan rahasia lagi – telah menyampaikan undangan seperti itu dan mengatakan dia akan senang melihat Putin di Gedung Putih."

Lavrov menambahkan bahwa Trump menyebut soal undangan itu dua kali dalam pembicaraan telepon dengan Putin dan mengatakan kepadanya bahwa dia akan senang melakukan kunjungan balasan ke Rusia.

Sebelumnya Trump dan Putin menyetujui kemungkinan diadakannya KTT di Washington.

Trump menelepon Putin tanggal 20 Maret untuk memberi selamat kepadanya atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Rusia dua hari sebelumnya.

Gedung Putih dan Kremlin mengatakan pada waktu itu kedua presiden membicarakan kemungkinan mengadakan pertemuan langsung. [sp/ii]