Sebagian Warga dekat PLTN Fukushima Kembali ke Rumah Mereka

Kimiko Koyama, 69,yang dievakuasi dari wilayah Miyakoji tiga tahun yang lalu akibat radiasi PLTN Fukushima, mengamati suasana di dalam rumahnya setelah diijinkan kembali ke rumah tersebut oleh pemerintah Jepang, Selasa (1/4).

Keputusan Pemerintah Jepang yang diberlakukan Selasa (1/4) ini memungkinkan 357 orang kembali ke bagian Miyakoji di Tamura, setelah pemerintah mengatakan tingkat radiasi sudah cukup rendah.
Jepang telah mencabut perintah evakuasi di daerah kecil dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima, membuka jalan bagi warga untuk kembali ke rumah mereka untuk pertama kalinya, sejak tsunami tahun 2011.

Keputusan yang diberlakukan Selasa ini memungkinkan 357 orang kembali ke bagian Miyakoji di Tamura, setelah pemerintah mengatakan tingkat radiasi sudah cukup rendah.

Daerah ini berada di sekitar 20 kilometer ke daratan dari PLTN, di mana tsunami yang dipicu gempa bumi menyebabkan kerusakan pada tiga reaktor nuklir.

Bencana tersebut memaksa lebih dari 100 ribu orang mengungsi dari daerah itu. Banyak dari mereka masih tinggal di perumahan sementara.

Para insinyur mengatakan akan butuh waktu minimal empat dekade untuk menyelesaikan pembongkaran PLTN itu.