Sejumlah Artis Puji Lionel Richie pada Penghargaan Gershwin Library of Congress AS

  • Associated Press

Lionel Richie memberikan sambutan seusai menerima Penghargaan Gershwin untuk Lagu Populer dalam Konser Penghormatan bagi penerima Penghargaan Gershwin 2022 di DAR Constitution Hall, Washington, Rabu, 9 Maret 2022 . (AP/Kevin Wolf)

Sejumlah musisi, pemimpin masyarakat dan perpustakaan nasional AS memberikan penghormatan bagi ikon musik pop Lionel Richie di Washington DC, ketika dia dianugerahi Penghargaan Gershwin Library of Congress untuk Lagu Populer dalam konser ‘penghormatan bertabur bintang’ pada hari Rabu, 9 Maret 2022.

"Saya sekarang merasakan kehangatan dari semua orang hebat yang turut mengiringi saya, juga kelompok pilot dan penerbang militer Afrika-Amerika Tuskegee, yang tidak mendapatkan penghargaan yang patut mereka terima selama mereka hidup," Richie menguraikan kepada Associated Press sebagai bagian dari keluarga besar penerbang Tuskegee, Alabama yang turut bertempur selama Perang Dunia II.

Pada saat perayaan tersebut, Richie mengungkapkan "frustrasi" dengan kekerasan invasi terhadap Ukraina oleh Rusia."Sangat disayangkan, kita belum menyadari bahwa umat manusia secepat itu tidak peduli dengan sesama umat manusia," katanya sambil mengingat kembali pesan lagu hit karyanya, "We Are the World."

"Kita tidak mengizinkan orang-orang di bumi untuk hidup bersama sebagai satu kesatuan. Seberapa sulitkah itu? Tapi sepertinya kita tidak dapat melakukannya bersama. Saya berharap itu mudah-mudahan ada dalam hidup saya, mungkin pada masa generasi anak saya. Akan tetapi saya merasa sedikit frustrasi saat ini."

Lionel Richie (tengah), menyapa penontonnya di akhir Konser Penghormatan Penghargaan Gershwin 2022 di DAR Constitution Hall, Washington, Rabu, 9 Maret 2022. (Foto AP/Kevin Wolf)

Luke Bryan juga terguncang oleh perkembangan konflik Rusia dan Ukraina tersebut. "Menyaksikan suatu negara menginvasi negara lain yang benar-benar menghancurkan tanpa mempedulikan dampak yang mempengaruhi kehidupan manusia dan benar-benar bahkan membawa kita kembali ke masa100 tahun lalu, itu sangat memilukan bagi saya," katanya.

Daftar artis yang turut meramaikan konser termasuk penampilan penerima penghargaan Gershwin Prize sebelumnya Gloria Estefan, Boyz II Men, Luke Bryan, Andra Day, Chris Stapleton, Miguel, Yolanda Adams dan penampilan khusus oleh penerima penghargaan Lionel Richie. Aktor dan komedian Anthony Anderson menjadi pembawa acara itu.

Penerima penghargaan sebelumnya termasuk Stevie Wonder, Paul McCartney, Billy Joel, Willie Nelson, Smokey Robinson, Tony Bennett, Emilo dan Gloria Estefan dan Garth Brooks.

Richie dikenal dengan daftar lagu-lagu hits karyanya termasuk "All Night Long," "Endless Love," "Lady," "Penny Lover," "Truly" dan "Stuck on You." Ia juga salah seorang penulis lagu populer bersejarah "We Are the World" bersama Michael Jackson.

Lionel Richie dan pacarnya Lisa Parigi, tiba di karpet merah Konser Penghormatan Penghargaan Gershwin Prize 2022 di DAR Constitution Hall, Washington, Rabu, 9 Maret 2022. (Foto AP/Kevin Wolf)

Sebelum menempuh karir solo sebagai mega bintang, Richie adalah anggota pendiri Commodores, band bergaya funk dan soul yang populer pada tahun 1970-an. Grup itu meraih sukses luar biasa yang didukung oleh lagu-lagu hits seperti "Three Times a Lady," "Still" dan "Easy."

Richie berhasil memenangkan empat Grammy, Oscar, dan penghargaan "MusicCares Person of the Year" pada tahun 2016. Dia adalah penerima penghargaan Kennedy Center pada tahun 2017.

Richie menjadi mentor bagi beberapa artis dan musisi sebagai juri di "American Idol" di stasiun televisi ABC selama empat musim terakhir. Ia berharap dapat kembali untuk musim ke-20 pertunjukan pencari bakat tersebut.

Sejumlah stasiun PBS dijadwalkan akan menyiarkan konser tersebut pada 17 Mei 2022. [mg/lt]