Harimau Terkam Petani di Sumatera Utara

Seekor harimau Sumatera di tempat konservasi pelestarian alam Tambling (TWNC) dekat Bandar Lampung, Sumatera (Foto: dok). Seorang petani dikabarkan tewas digigit harimau saat bekerja di perkebunan karet dekat Taman Nasional di Btang Gadis, Sumatera Utara (13/3).

Seorang petani tewas digigit seekor harimau Sumatera yang dilindungi pemerintah. Penduduk desa setempat yang ketakutan, menuntut agar binatang itu dibunuh.
Pejabat Taman Nasional di Batang Gadis, Yudi Santoso, mengatakan hari Rabu (13/3) bahwa Karman Lubis yang berusia 32 tahun, diterkam harimau itu pekan ini ketika bekerja di perkebunan karet dekat taman nasional di provinsi Sumatera Utara.

Jenazahnya yang rusak oleh bekas gigitan ditemukan hari Selasa kira-kira 1 kilometer dari perkebunan itu.

Para petani yang ketakutan telah meminta pihak berwenang agar menembak harimau itu, walaupun binatang tersebut dilindungi oleh undang-undang. Pemerintah setempat berencana untuk berusaha memerangkap dan memindahkan binatang itu.

Di Indonesia terdapat kira-kira 400 ekor harimau Sumatera, yang berada di ambang kepunahan karena penggundulan hutan, pemburuan dan bentrokan dengan penduduk