Abaikan Pemerintah Spanyol, Separatis Catalonia Unjuk Rasa di Barcelona

Ribuan pendukung pro-kemerdekaan Catalonia melakukan unjuk rasa merayakan pengumuman kemerdekaan Catalonia di Barcelona, hari Jumat (27/10). Ratusan warga penentang kemerdekaan juga melakukan demonstrasi di Barcelona.

Ratusan warga yang menentang kemerdekaan Catalonia hari Jumat (27/10) malam berdemonstrasi di pusat kota Barcelona melambai-lambaikan bendera Spanyol setelah pemerintah daerah itu mengumumkan kemerdekaan dari Spanyol.

Para demonstran menunjukkan solidaritas dan berjabat tangan dengan anggota garda nasional. Momen menegangkan terjadi ketika kaum nasionalis bertemu dengan beberapa pendukung kemerdekaan, namun demonstrasi umumnya berlangsung damai.

Polisi regional mencegah para demonstran mencapai kota tua tersebut dan mengalihkan mereka ke arah Carrer de Mallorca, dekat kantor pemerintah nasional.

Menanggapi langkah Catalonia, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy hari Jumat mengatakan bahwa pemerintahnya memecat pemerintah daerah Catalonia, membubarkan parlemennya dan menyerukan pemilihan daerah baru bulan Desember.

Sementara itu Juru Bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengatakan Gedung Putih mendukung "Spanyol yang bersatu," setelah sebelumnya parlemen daerah Catalonia mengumumkan kemerdekaan. [my/al]